2 Cara Stek bunga mawar di Pot

welcome.

 2 Cara Stek bunga mawar di Pot 


Tanaman bunga mawar (Rosa sp.) masih populer untuk para pecinta bunga . Bunga Mawar dikenal karena beragam warna yang indah dan bentuknya yang tegas. 

Di Indonesia,untuk menemukan mawar yang harumnya wangi sangatlah sulit, banyak yang menanyakan tentang bunga mawar kampung, mawar yang sangat harum/wangi, dan mawar kampung juga masih sangat langka di toko toko bunga. 

Walaupun jenis mawar tersebut sekarang sulit ditemukan, tapi tanaman bunga mawar tetap masih memiliki daya tarik yang sangat kuat dan juga sangat dikenal di seluruh pelosok negeri. 

Adapun jenis mawar ungu, mawar berbau harum yang paling laris saat ini. Seiring dari perkembangan zaman, saat ini popuritas bunga mawar memiliki banyak warna, mulai dari merah, putih, kuning, merah muda, orange, ungu, bahkan marun. 

Jenis bunga mawar berwarna ungu merupakan mawar yang harumnya paling wangi, sedangkan mawar yang berwarna ungu pucat tidak wangi sama sekali. Saat ini banyak pencinta bunga yang mencari tanaman mawar pelangi, akan tetapi bunga mawar pelangi bukanlah sesuatu yang bisa tumbuh alami melainkan hasil dari pewarnaan osmosis.  

Ada pun beberapa bunga mawar dengan motif yang menarik yang tumbuh secara alami, contohnya adalah mawar batik kuning, mawar batik orange, dan mawar batik pink. 

Ciri khas dari ketiga bunga mawar batik tersebut adalah batangnya yang tidak berduri, sama seperti dengan mawar hitam dan mawar merah tanpa duri. 

Cara Menanam Mawar dari Batang Stek


Gambar Diatas memperlihatkan langkah langkah awal dalam pembahasan ini, yaitu mempersiapkan stek batang mawar yang akan kita tanam. Menanam bunga mawar bisa dibilang gampang-gampang susah. 

Bunga Mawar bisa kita budidayakan dari biji atau dari stek batang. Menanam bunga mawar dari stek jauh lebih mudah dan saya rekomendasikan dibandingkan kita menanam dari benihnya. 

Karena Mawar akan lebih cepat tumbuh dari ketiak ruas-ruas batang, dibandingkan perkecambahan dari biji. Karena menanam mawar dari biji membutuhkan waktu yang lumayan, minimal 60 hari sampai biji mawarnya berkecambah. 

Alat dan Bahan 

Berikut ini adalah alat dan bahan yang harus disiapkan untuk menanam mawar dengan stek batang, selain batang dari mawar itu sendiri. 
  • Satu toples air 
  • Pisau atau gunting tanaman 
  • Pot atau wadah tanam lainnya 
  • Media tanam (tanah, pupuk kandang, kompos – 1:1:1)  
  • Pensil atau ranting pohon. 
  • Hormon penumbuh akar atau ZPT (opsional) 
Langkah-langkah Penanaman 

Berikut Tahapan dalam menanam stek batang bunga mawar (rose cuttings) sebagai berikut. 
  • Potong batang pohon mawar kira-kira sepanjang 15-20 cm bisa menggunakan pisau atau gunting tanaman yang tajam dan steril. 
  • Masukkan batang pohon mawar terlebih dahulu sesudah dipotong ke dalam air. Fungsinya yaitu agar mawar tetap segar sampai proses penanaman.
  • Lubangi media tanam atau tanah dalam pot bisa menggunakan ranting pohon . 
  • Usahakan kedalamannya kira-kira setengah dari tinggi batang mawar yang sudah dipotong tadi.
  • Sebelum kita tancapkan ke dalam lubang dalam pot, gunting terlebih dahulu daun-daun yang berada di bagian bawah batang. 
  • Kemudian tancapkan batang mawar yang telah dipotong dan dibuang daunnya tadi ke dalam pot.
  • Kamu bisa menambahkan hormon penumbuh akar pada dasar batang bunga mawar atau pada lubang tanah di pot untuk mempercepat pertumbuhan akar.
  • Sirami bunga mawar yang di tanam tadi dengan teratur, bisa menggunakan semprotan air sampai tunas daun baru tumbuh. 
  • Apa bila sudah ada daun baru yang tumbuh berarti cara kamu menanam stek batang mawar sudah benar dan tentunya batang tersebut sudah tumbuh akar di bawahnya. 
Cara Menanam Stek Mawar Dengan Kentang 


Selain cara konvensional yang saya jelaskan diatas, sebenarnya masih banyak orang yang menanam stek batang mawar dengan cara langsung ditancapkan pada umbi kentang.  

Kenapa harus menggunakan kentang? Karena kadar air di dalam kentang pas, bisa menyokong akar tumbuh prima pada pangkal cutting batang mawar yang di tanam didalamnya. 

Ketika batang mawar ditancapkan di kentang dan maka batang tersebut akhirnya bertunas daun baru, maka dapat dikatakan sukses propagasinya, 

Selanjutnya tnggal menanam langsung tanaman mawar baru tersebut (beserta umbi kentang di bawahnya) di dalam campuran media tanam yang kita telah siapkan tadi. 

Tips Tambahan Di bawah ini adalah tips-tips tambahan agar teknik penanaman mawar yang kamu lakukan berhasil: 

  • Lebih baik lakukan stek batang ini di saat pagi hari agar tanaman tersebut masih segar. 
  • Gunakanlah pisau atau gunting yang steril dan tajam. Untuk mensterilkan gunting atau pisau, kamu bisa menggunakan alkohol. 
  • Stek batang mawar membutuhkan drainase yang baik. Gunakan air secukupnya jangan menggenangi pot. 
  • Media tanam harus gembur. Simpanlah mawar di tempat yang terkena sinar matahari, tapi bukan sinar matahari langsung. Karena Sinar matahari yang ßecara langsung dapat membuat daun-daun mawar terbakar. 
  • Gunakanlah pot yang kecil terlebih dahulu, sebelum memindahkannya ke pot yang lebih besar setelah stek mawar yang kita tanam tumbuh dengan sempurna. 
Demikianlah cara budidaya mawar sederhana, menggunakan teknik stek batang. Semoga dapat bermanfaat 🙂  

Belum ada Komentar untuk " 2 Cara Stek bunga mawar di Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel