mengenal dan belajar jenis jenis stek pada tanaman

welcome.

mengenal dan belajar jenis jenis stek pada tanaman - ,Istilah stek merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan bagian atau potongan dari tanaman. Sehingga akan tumbuh menjadi tanaman bau. Macam macam atau jenis stek tanaman untuk perkembangbiakan ada tiga jenis di antaranya adakah STEK BATANG, STEK DAUN DAN STEK AKAR.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang yang dapat di lakukan penyetekan. Salah satu keuntungan dari stek adalah tanaman yang baru akan memilimi sifat yang sama dengan sifat induknya, Untuk lebih lanjut mengenai masing masing ..ayo kita  belajar bersama.

Stek batang 



Stek ini ada stek yang paling umum di pakai sampai saat ini. Stek batang di bagi menjadi 4 macam yaitu berkayu keras atau Hardwood, Setengah keras atau SEMI HARDWOOD, kayu kayu lunak SOFTWOOD, dan golongan herba atau HERBACEOUS.

simak juga: cara budidaya jangkrik


1.Stek kayu keras- 

Stek batang mudah perlakuannya, bisa di kirim ke tempat jauh serta tidak banyak membutuhkan perlakuan khusus. bahan stek sebaiknya di ambil dari cabang yang sedang dalam keadaan dorman, jenis tanaman yang bisa di perbanyak dengan menggunakan stek batang antara lain tanaman anggur . 

Bagian yang bisa di ambil untuk stek adalah  berasal dari cabang yang sehat , bagian tersebut terletak pada bagian yang terkena sinar mata hari. oleh karena itu bahan yang di pake adalah bahan yang banyak mengandung bahan makanan atau KARBOHIDRAT untuk menyediakan makanan pada stek nantinya. 

pada bagian pucuk adalah rendah KARBOHIDRAT maka dari itu pada bagian pucuknya harus di buang,  Bahan stek yang bagus terletak pada bagian tengah dan dasar cabang atau ranting. pada stek tersebut minimal ada dua ruas.

2.Stek batang kayu stengah keras- 

Pada umunya stek kayu setengah keras ini di pakai untuk tanaman yang memikili daun yang lebar Contoh pemakain stek ini adalah pada jenis tanaman hias dan tanaman buah buahan. 

Dibagian ujung sisa potongan tersebut bisa di pake sebagai bahan stek, tetapi harus di letakan di bawah kondisi pengabutan. sebagai saran yang di lakukan  adalah supaya stek di ambil pada waktu pagi hari. di kekap dengan rapat dan debgan kelembabab yang cukup.

3.Stek batang berkayu lunak-

pada stek berkayu lunak pada umumnya di pakai untuk menyetek pada tanaman yang banyak mengandung air atau sukulen. tanaman biasanya memiliki pertumbuhan akar yang lebih cepat yang persentase stek berakar kebih tinggi apa bila di bandingkan dengan stek dari tanaman yang berkayu keras. 

Untuk posisi daun biasanya akan di biarkan saja menempel pada stek. Sedangkan untuk ukuran panjang dari stek ini adalah berfariasi  yaitu antara 10-15 cm atau tergantung  pada jenis tanaman yang akan di stek.

Stek tanaman herbal

pada stek tanaman herbal atau semak pada umumnya di pakai untuk menyetek tanaman yang memiliki banyak kandungan  air, atau sukulen dan lunak. Misalkan pada tanaman bunga krisan dan kaktus pagar.

Stek Daun 


bagian dari daun yang di pakai untuk bahan stek, adalah berupa helaian daun atau helaian beserta tangkai nya. Akar dan batang akan tumbuh pada bagian daunya yang terpotong, sedangkan pada bagian daun itu sendiri tidak akan berkembang menjadi tanaman yang baru. 

Sebagai contoh tanaman yang mudah di lakukan stek daun adalah tanaman hias sensiviera, begonia,dan juga clanchoe. 

Caranya adalah daun di potong menjadi dua sampai empat, bagian yang di potong secara memanjang lalu di semai di tanam (1-3 ) di dalam media pasir. 

Stek akar 


untuk yang terahir adalah stek akar, Hal yang sangat di perhatikan saat melakukan stek akar adalah jangan sampai menanam terbalik. Biasanya stek akar akan di semai sejajar dengan permukaan tanah  atau sedikit masuk kedalam tanah atau media. Sebagai contoh tanaman yang menggunakan metode stek akar antara lain APEL, SUKUN, ALBESIA dan beberapa tanaman hias lainya..

mungkin hanya itu artikel tentang mengenal dan belajar jenis jenis stek pada tanaman  semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel