Tips memilih cupang aduan berkualitan dan juara

welcome.

Cupang jenis aduan sangat cocok bagi kamu yang pemula dan ingin memelihara ikan cupang, karena ikan cupang jenis aduan tidak membutuhkan perawatan yang khusus dan harganya  pun juga lebih murah di banding dengan cupang hias (cupang standard),
P
Merawat cupang aduan cukuplah praktis yakni dengan memberi pakan dan mengganti air secara teratur, In Syaa Allah ikan cupang yang kita pelihara akan tetap sehat. Akan Tetapi jika ingin ikan cupang aduan kita jadi lebih ganas ada trik trik khusus yang harus kamu lakukan, agar kamu paham bagaimana cara perawatan ikan cupang yang baik dan benar, sebelum kamu beralih untuk memelihara cupang jenis hias yang membutuhkan perawatan khusus.

Untuk memilih cupang jenis aduan yang berkualitas tidaklah sangatlah mudah, karena setiap ikan cupang aduan maupun cupang hias yang agresif bisa dikatakan ikan cupang tersebut berkualitas dan tentunya sehat.  nah.. Sebelum kamu melanjutkan dan memilih ikan cupang jenis aduan yang berkualitas dan juara apakah kamu sudah tau peredaan cupang jantan dan betina? Jika belum silahkan simak : cara membedakan cupang jantan dan betina. Kalau sudah tau jenis kelamin ikan cupang, yuk lanjut memilih jenis cupang aduan yang berkualitas agara menjadi juara di bawah ini.

Tips memilih cupang aduan yang berkualitas

1. Agresif

Seperti yang sudah saya  singgung diatas kalau ikan cupang yang agresif sudah pasti ikan cupang tersebut sehat. Jejerkan cupang aduan lihat dan Amati gerak gerik si cupang, dan pilihlah kira kira yang paling agresif. Saran say Jangan pilih ikan yang loyo, dan warnanya kusam atau memudar. Bisa jadi ikan cupang tersebut sakit.

Buka sekat sekat penghalang antar cupang yang satu dan yang lain di aquarium atau wadahh supaya sobat bisa leluasa milih kira kira cupang mana yang pling agresif ketika melihat musuh di sampingnya.

2. Badan Ikan

Pilihlah bentuk badan ikan cupang yang ramping dan tidak bongsor atau terlalu besar, supaya gesit disaat di adu.  Aerodinamika juga pasti penting di saat ikan berenang, maka dari itu wajib pilih bentuk tubuh ikan cupang yang ramping, dan tidak ada benjolan karena penyakit.

Amati dan lihat dari bagian atas aquarium dan dari samping. Pilihlah yang dari bagian kepala sampe ekor lurus lurus aja tidak melebar ke samping juga.

3. Gigi

Mungkin hal ini sedikit sulit jika kamu adalah pemula. Lihatlah dan perhatikan dari atas. Biasanya Gigi cupang aduan akan terlihat agak menonjol keluar, apalagi jika cupang aduan yang sudah terlatih biasanyaa giginya akan terlihat tajam.

4. Sisik

Kamu harus perhatikan bagian sisiknya dengan sangat teliti, apakah di bagian sisik ada yang cacat atau tidak dan perhatikan juga apakah ada bintik bintik putih (white spot) atau tidak. White spot biasa di sebabkan karena jamur dan air juga bisa menjadi penyebab utama,jadi solusinya bisa diberi methylblue  kamu bisa beli di toko ikan.

Pilihlah sisik ikan cupang yang tebal caranya bisa dilihat apakah sisiknya rapih atau tidak. kerapatan sisik sisik pada cupang juga menjadi acuan kalau sisik cupang tersebut tebal dan kuat.

5.Sirip

Bagian sirip biasanya bagian yang gampang di serang ketika cupang bertarung, jadi kamu harus pilih sirip yang rapih dan rapat disaat  cupang mengembang. Sirip yang mengembang tegah biasanya akan membuat nyali lawan langsung ciut.

6. Warna

Kamu bisa memilih warna ikan cupang aduan yang didominasi warna hitam. Karena selain warna hitam bisa jadi itu ikan cupang hias jenis cupang koi dan cupang plakat yang memiliki warna hampir sama dengan ikan cupang aduan. jadi saran saya pilihlah yang banyak warna hitamnya.

Mingkin hanya itu yang bisa saya tulis tentang tips memilih ikan cupang aduan yang berkualitas juara,  semoga bermanfaat untuk sobat semua..

Belum ada Komentar untuk "Tips memilih cupang aduan berkualitan dan juara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel