Tips membedakan cupang aduan dan cupang hias

welcome.


Bagi para penghobi profesional ikan cupang, secara umum pasti bisa membedakan cupang hias dan cupang adu. Tapi tidak demikian untuk para pemula. Agar kamu tidak salah pilih, jadi kamu perlu pelajari dasar-dasar untuk membedakan jenis cupang adu dan cupang hias.

Ikan cupang hias dan ikan cupang adu tidak dibedakan dari spesiesnya. Saat ini, ikan cupang banyak kita jumpai di pasaran sebagian besar ikan cupang yang di jual merupakan hasil silangan dari kelompok Splendens Complex. Kelompok ini terbagi menjadi 5 spesies, diantaranya Betta imbellis, Betta smaragdina, Betta mahachai, Betta splendens, dan Betta stiktos.

Silangan dari Splendens Complex tersebut menghasilkan banyak varian. Di negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk indonesia, ikan-ikan cupang tersebut dikelompokkan menjadi dua golongan yakni cupang hias dan cupang adu. Sebelum kita lanjut ke langkah membedakan cupang hias dan cupang aduan, pasti sobat sudah paham dong untuk jenis kelamin cupang jantan dan betina. Mari kita lanjut membedakan cupang hias dan cupang adu di bawah ini

Ciri-ciri cupang hias
  • Seperti namanya cupang hias, yang dinilai dari bentuk, warna, gerak dan mental yang selalu memanjakan mata kita karena keindahannya, lantas bagaimana cara untuk membedakannya mari simak keterangan di bawah ini.

  • Pada umumnya ikan cupang hias, bentuk sirip dan ekornya menjumbai panjang. Dari Struktur tulang sirip dan ekornya menunjukkan bentuk yang khas.
  • Warna tubuh cupang hias terlihat terang tidak kusam. Dari segi warna Memiliki varian warna yang sangat menarik dan atraktif.

  • Jika dari Gerakkannya terlihat tenang, kibasan-kibasan sirip cupang hias menampakkan keanggunan.
  • Apabila melihat musuh atau sedang bercumbu, sirip dan ekornya cupang hias terkembang sempurna menunjukkan bentuk yang khas.

Kebanyakan ikan cupang hias salah satu dari spesies Betta splendens. Untuk Jenis-jenis cupang hias yang paling sering dilombakan antara lain,
  • cagak (double tail)
  • bulan separuh (halfmoon)
  • serit (crown tail),
  • laga (plakat),
  • dan jenis giant.

Ciri-ciri cupang adu

Dengan membedakan cupang adu atau hias adalah dengan melihatnya di saat bertarung. Karena ada sebagian beberapa ikan cupang yang dianggap sebagai cupang hias, ternyata perkasa di saat diadu.
Jika kamu ingin membeli ikan cupang untuk di adu, sobat wajib baca dulu tips memilih ikan cupang berkualitas juara

Untuk jenis cupang aduan bisa kita kenali dengan ciri ciri sebagai berikut.
  • Dari segi bentuk tubuh cupang adu akan terlihat kokoh. Lebar dan tinggi ikan cupang aduan mulai dari leher hingga ke ekor akan memiliki besar dan ketebalan yang sama. Hanya di bagian ujung ekor yang terlihat sedikit mengecil.
  • Gerakan cupang aduan sangat agresif. Beda dengan cupang hias yang gerakannya lamban dan anggun.
  • Apa bila melihat musuh di depannya sirip-siripnya dari cupang tersebut akan mengembang penuh. Ini bisa menandakan mental cupang aduan yang bagus untuk bertarung.
  • Dari segi Bibir kelihatan tebal dan kokoh. Mulutnya terkatup rapat dan tidak menganga. Bila dilihat dari atas, pada bibir bagian bawah akan terdapat bintik-bintik yang mencirikhaskan gigi yang runcing pada ikan tersebut.

Nah gimana sob, apakan sobat sudah paham dan bisa membedakan cupang aduan dan cupang hias, pastinya sudah paham dong karena sudah saya jelaskan di atas, atau sobat pengin memelihara jenis cupang hias atau juga sobat ingin budidaya ikan cupang milik sobat, so selamat bersenang senang dengan ikan cupang yang sobat pelihara ..ahir kata saya ucapkan wasalam. 

Belum ada Komentar untuk "Tips membedakan cupang aduan dan cupang hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel