cara dan tips memilih ayam bangkok berkualitas dan jawara aduan

welcome.

cara dan tips memilih ayam bangkok berkualitas dan jawara aduan- Untuk memilik jenis anyam bangko aduan ber kualitas ada dua macam. Pertama memilih calon bakalan ayam aduan dan yang kedua memilih ayam aduan yang sudah jadi.

Bagi yang yang tidak mau ribet, lebih cenderung akan memilih yang sudah jadi. artinya umur ayam bangkok kisaran 10-12 bulan lebih dan tentunya sudah pernah di adu di kalangan. jika memilih ayam aduan yang sudah jadi sudah tidak di ragukan lagi karena kelihatan saat bertarung di kalangan. Hanya saja untuk ayam aduan yang sudah jasdi akan lebih mahal, apa lahi sudah pernah menang.

Banyak di kalangan penghobi ayam bangkok  pemula yang memilih ayam bangkok muda. Namun ada juga yang memilih ayam luncuran yang siap latih., untuk kemudian di latih dan  di siapkan untuk  beberapa bulan. Setelah jadi , ayam tersebut bisa di jual dan mendatangankan keuntunan.

Nah agar mudah di ingat, cara memilih calon ayam aduan usia muda atao luncuran dapat menggunakan istilah 3d. yakni Dilihat Diraba dan Ditrawang.

Lihatlah dengan teliti bagian fisik dan gerak gerik ayam secara umum tanpa di pegang. Karena dengan di lihat akan nampak postur ayam bangkok secara umum dan gerakannya saat berjalan, Apakan posturnya seimbang dari kepala,badan, hingga kaki dan tembus warna paruh dan kaki.

Bisa juga di lihat saat ayam sedang berdiri dan berjalan, apakah ayam terlihat loyo, jari dan kaki kurang bagus atau tidak normal. Karena biasanya bagi peternak ayam yang sudah berpengalaman, mereka sudah ahli melihat ayam yang tergolong bagus atau kurang bagus.

Jika dari tampilan ayam terlihat menarik, maka sebaiknya ayam di pegang dan di raba bagian tubuh ayam. ini bertujuan untuk ngecek kekuatan pada tulang dan otot yaitu dengan meraba bagian lingkaran badan atau dada untuk memperkirakan ukuran ayam.

Meraba pinggang, tulang ekor, tulang capit klaoka, tulang dada depan dan tulang dada bawah, tulang pangkal sayap, tulang capit leher, otot paha, batang kaki dan sisik.

Kemudian bagian tangan harus di kencangkan(remas) untuk meraba ayam tersebut sehingga ketahuan besar dan kerasnya tulang dan otot.  Utuk kekuatan dan daya tahan, kekebalan  terhadap pukulan terletak pada kekuatan tulang, otot dan kerasnya tubuh secara keseluruhan.

Bagi pemula membiasakan memegang atau meremas tiap bagian tubuh ayam agar terbiasa membedakan ayam yang bertubuh keras atau yang lembek. Keras dan lembeknya tubuh dan tulang juga berbeda dengan ayam mudan dan ayam dewasa. dan antara ayam yang belum atau sudah terlatih. Di samping itu tidak semua ayam harus besar. karena ayam bangkok yang di cari tidak harus kokoh dan kuat.,tetapi  juga harus lincah dan gesit.

Lihatlah pada kesesuaian dengan warna mata, warna dada bawah, serta bulu .  termasuk keseimbangan warna antara kiri dan kanan, di paruh dan kakai. serta warna bulu ayap yang seimbang kiri dan kana. Karena warna tembus menentukan kegigihan (tembus/tidak mendua) dalam bertarung dengan mental yang lebih baik bahkan akan bertarung sampai mati dari pada lari.

Gigih pantang menyerah juga berdasarkan faktor turunan dari induk nya,  jika memilih ayam yang tidah jelas keturunannya atau trah nya maka salah satu kuncinya adalah harus memperhatikan warna yang tembus tadi dalam memilih ayam bangkok.

Perhatikan secara detail betuk tebal sisik atau tipis, mencari atau menghitung jumlah sisik yang katuranggan seperti UBED,SELIP dan BELAH.   bahkan biasanya ada nyang menghitung  jumlah sisisk di jari tengah (29-21) untuk memastikan apakan jarinya panjang atau tidak dan dan jumlah sisik di jari belakang (6-8)

Kemudian kamu bisa angkat ayam untuk melihat psisi kaki ayam saat melompat, apakah kedua kaki sama naik, menyilang, menyulam atau lurus biasa. Lalu ayam di turunkan lagi sebagian menginjak talah untuk melihat apakan ayam bisa bertumpu menggunakan tiga jari depannya (jinjit)

Setelah itu bisa melihat posisi kaki tunas taji ( rendah mendekat kejari belakang) .bentuk taji dobel atau tidak, kecil atau besar. Karena meneliti kaki ayam bangkok sangat relatif lama dan harus teliti . agar bisa melihat dan menerawang adanya potensi pukulan kaki atau taji yang mematikan.


berikut adalah tips dan urain cara dan tips memilih ayam bangkok berkualitas dan jawara aduan semoga bisa bermanfaat dan membantu pemilihan ayam bangkok anda menjadi jawara di dunia pecinta ayam aduan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel